Sabtu, 31 Desember 2016

Alam Raya Temanku

Aku tertawa.
Mereka ikut tertawa.
Aku bersedih.
Mereka ikut bersedih.
Aku tertawa lagi.
Tapi mereka masih bersedih.
Karena tawaku hanya di mulut saja.
Mereka tahu kalau aku berbohong.
Mereka tahu kalau aku menyembunyikan kesedihanku.
Aku bersedih lagi.
Mereka yang kini tertawa terbahak-bahak.
Mereka tidak berbohong.
Ternyata mereka tidak menyukaiku.
Mereka sengaja ikut tertawa dan bersedih.
Hanya ingin aku menderita.
Setelah aku terjatuh.
Barulah aku tahu.
Kalau mereka sebenarnya munafik.
Hanya satu yang mereka ketahui.
Aku memang bersedih.
Mereka berhasil membohongi.
Tapi ingat !
Alam raya adalah temanku.
Anjing yang menggonggong.
Kerbau yang membajak sawah.
Tikus yang di gorong-gorong.
Lapisan-lapisan tanah.
Semua adalah temanku.
Meski mereka hina.
Tahunya hanya bekerja.
Hingga di injak-injak sampai rata.
Tapi aku dan temanku selalu berusaha
Membuat hati yang lain menjadi gembira.
Yang terpenting aku tak berbohong.

~Pysmbo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar